09.00 - 19.00 WIB
298 23249
0812 8817 7050
gmisejahtera@gmail.com
Jumlah = pcs
Keranjang

BEKAM (Al Hijamah)

poster-bekam

WORLD HEALTH ORGANIZATION (WHO) pada tahun 1984, menyerukan kepada seluruh lembaga kesehatan di dunia untuk melakukan sebuah gerakan yang disebut sebagai ”BACK TO NATURE”. Seruan yang disambut oleh dunia dengan semakin banyaknya kajian dan penelitian yang dilakukan pada bidang kesehatan natural. Selain itu pula, memunculkan juga sebuah trend baru dalam dunia kesehatan.

Prof. Paul Zane Filzer; ekonomi, pengajar di Harvard University dan penasehat pada dua masa kepresidenan Amerika Serikat, dalam bukunya THE NEXT TRILLION menyatakan bahwa tahun 2010, tambahan 1 triliun dollar pertahun dari ekonomi Amerika akan dibelanjakan ke WELLNESS INDUSTRY  (Industri Perawatan Kesehatan dan Kebugaran). Industri yang akan membuat orang menjadi lebih sehat, memperbaiki penampilan, memperlambat penuaan, mencegah penyakit. Industri ini diperkirakan akan mengalami peningkatan 500kali pertumbuhan, karena saat ini pembelanjaan yang dilakukan pada industri ini 200 milyar pertahun, separuh dari penjualan mobil di Amerika, dan akan meningkat menjadi 1000 milyar pertahun pada tahun 2010.

WELLNESS INDUSTRY berbeda dengan ILLNESS INDUSTRY. ILLNESS INDUSTRY diwakili oleh rumah sakit, klinik dan  metoda pengobatan yang menitik beratkan pada perawatan orang sakit menjadi sehat. ILLNESS INDUSTRY hanya akan didatangi oleh orang-orang yang sakit, tidak akan didatangi oleh orang yang sehat. Sedangkan WELLNESS INDUSTRY, menjadi media bagi orang-orang yang tidak hanya ingin sehat tapi menjadi BUGAR, sebagaimana yang sudah dibahas di atas. Konsep kesehatan yang dibangun di dalamnya berdasarkan atas kesadaran tentang adanya kesatuan komponen (fisik, mental, emosonal dan spiritual), yang disebut sebagai HOLISTIC MEDICINE.

 

GREEN MEDICINE INSTITUTE, merupakan lembaga yang menitik beratkan pada pengembangan potensi sehat secara holistik.  Pengembangan yang dilakukan dengan pelayanan dan penyebaran informasi lewat pendidikan dan pelatihan, di bidang holistic medicine. Berbagai kegiatan pelatihan kesehatan natural telah dilakukan oleh GREEN MEDICINE INSTITUTE dengan beberapa lembaga baik pemerintah, swasta dan organisasi massa.

 

PROGRAM PESANTREN GREEN MEDICINE INSTITUTE mengadakan pelatihan dan pendidikan Thibbun Nabawi secara intensif dan Komprehensif. Menjadi muslim yang taat, sehat mandiri sekaligus berprofesi sebagai Dokter Muslim baik bagi Keluarga, masyarakat, Negara serta mencetak SDM Terapis Profesional.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

 

  1. Maksud

Maksud diadakannya program Kecakapan Hidup adalah satu dari kepedulian  dalam membantu masyarakat  yang tidak sehat dan kurang beruntung dan belum memiliki ketrampilan khususnya di bidang Kesehatan dan Pengobatan

 

  1. Tujuan

Tujuan  diadakannya program Kecakapan Hidup adalah untuk pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan pengetahuan bagi masyarakat yang membutuhkan suatu ketrampilan tertentu. Hal ini hanya dapat diperoleh melalui jalur Pendidikan Luar Sekolah sehingga hasilnya akan dapat mereka gunakan sebagai bekal untuk membantu masyarakat dan modal hidup untuk usaha sejajar dengan masyarakat lainnya.

Serta bertujuan :

v  Mencetak muslim kuat pemikiran, jasad dan mental

  • Mencetak muslim mandiri
  • Mencetak muslim yang bermanfaat bagi diri sendiri dan sesama
  • Memahami dan menerapkan konsep hidup sehat yang alamiah, ilmiah dan Ilahiah (Total Health Management).
  • Mengenal dan memahami teknik terapi penyembuhan dengan metode holistic.
  • Mampu mengaplikasikan praktek terapi holistic.
  • Membantu pengentasan masalah pendidikan dan kemiskinan

BEKAM ( AL HIJAMAH )

Sebaik-baik pengobatan adalah Al Hijamah (Bekam)

Salah satu Pengobatan yang di rekomendasikan Nabi untuk mem buang Toksin /racun dari dalam tubuh adalah Bekam (AlHijamah)

 

Apakah Bekam/ Alhijamah itu

Istilah Bekam berasal dari melayu. Dalam bahasa Arab disebut Hijamah, dan dalam bahasa inggris disebut cupping. Di Indonesia dikenali sebagai cantuk atau kop.

     Tujuannya adalah Mengeluar kan darah Mati /Rusak /Oxidant /Toxin melalui serabut pembuluh darah di permukaan kulit yang telah disayat halus ( yang tidak meninggalkan bekas luka permanen ), karena Hijamah perlu dilakukan secara berkala dikarenakan usia maximum Sel Darah 120 hari

Pengobatan cara klasik yang sudah dikenal bangsa purba 4.000 SM, kertas papyrus yang pernah ditulis oleh bangsa Mesir kuno menjadi bukti adanya pengobatan dengan sistim hijamah, Bangsa Yunani kuno juga mempergunakan metode Hijamah . Marak dikalangan bangsa Arab jahiliyah, kemudian Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam mengakui dan menetapkan bagi kaumnya.

 

      Keutamaan  bekam  dari Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam,

      “Sesungguhnya cara peng obatan kalian yang paling baik adalah dengan bekam dan menggunakan tanaman al Qusthul  bahri “ (HR Muslim dalam kitab As Salam No 1577).

      Dari Jabir, ia berkata : saya mendengar Nabi bersabda :“ Jika dalam sebagian obat kalian terdapat kebaikan maka itu terdapat dalam sayatan pisau bekam, minum madu, atau sundutan besi panas, tetapi aku tidak suka berobat dengan sundutan besi panas.”  

      “Aku berjalan  dihadapan sekelompok malaikat pada malam ketika Aku di isro’kan, kecuali mereka berkata: Wahai Muhammad, perintahkanlah umatmu untuk berbekam             ( HR. Ibnu Majah : 3479 )

 

Penelitian secara Medis Kedokteran 

Hasil tes yang dilakukan Al – Allamah Muhammad Amin Syaikhu “ Rahasia mekanisme kesembuhan karena hijamah terletak pada pembersihan tubuh dari darah kotor , yang menghambat peranannya dalam melaksanakan tugas – tugas nya secara sempurna sehingga membuat tubuh itu menjadi sasaran empuk berbagai macam penyakit”

Rosululloh memilih tempat     ( titik ) yang sangat baik untuk bekam :

  • Dari annas ia berkata “sesungguhnya rosulul loh dibekam pada Akh da’ain dan Kahil ( bahu)                           ( Hr. Ahmad IV/12192 )
  • “Hendaklah kalian ber bekam di tengah gomah duah, karena dapat menyembuhkan 72 pe nyakit”  ( Hr. Thobroni dalam Al –kabir 7306 )

.Waktu yang baik untuk bekam

     “ Barangsiapa berbekam pada 17, 19 dan 21 setiap bulan hijriyah, maka itu adalah hari-hari yang menyembuhkan segala penyakit ” (Riwayat Abu Hurairah r.a. )

      “ Barangsiapa ingin berbekam, hendaklah memilih  tanggal 17, 19 atau 21. Jangan sampai darah bergejolak pada salah seorang dari kalian sehingga membunuhnya.”

(HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Albani )

     Dari Ibnu Abbas, ia berkata : “Sesungguhnya Nabi berbekam sedangkan beliau berpuasa.” (HR.Bukhari dan Tirmidzi).